PERPANJANG SIM LUAR KOTA DI SURABAYA

Hayoooo… di sini sedulur semua siapa yang pernah kena tilang gara-gara enggak punya SIM? Ayo ngacung heheh..
Pasti hampir semua sedulur Vespa pernah kena tilang kan.

Memang dalam 10 tahun yang lalu SIM (Surat Izin Mengemudi) bukan Surat Izin Menikah lo heheh.., merupakan sebuah surat yang begitu sulit untuk diperoleh para pengemudi kendaraan bermotor. Biaya yang mahal membuat para pengemudi mengurungkan niatnya untuk membuat SIM. Alhasil banyak sekali orang yang mengemudi tanpa memiliki SIM dan berujung sebuah pelanggaran lalu lintas.

SIM A dan C Setelah Diperpanjang

Diluar kedua alasan di atas, susahnya lolos tes uji praktek dan tulis SIM juga menjadi biang keladi susahnya mendapatkan SIM. Sehingga membuat orang jadi malas dan berpikir dua kali sampe sepuluh kali untuk membuat SIM. Bahkan kita harus nembak atau kasih tips buat para oknum yang mempersulit pembuatan SIM (biar lolos uji SIM).

Gimana sedulur Vespa, ada yang pernah nembak bikin SIM? Duh duhh no suap donk sedulur. Hehe untung saya gak nembak cuman nitip aja hihi. Jadi bisa punya SIM tinggal foto sama biaya administrasi hehe. Kalau sedulur semu enggak punya SIM maka bisa dipastikan kita naik Vespa dengan perasaan was-was sambil kucing-kucingan sama polisi biar enggak terkena tilang pas operasi atau pas di lampu merah perempatan.

Tapi sekarang sedulur Vespa semua enggak usah khawatir, kini hampir semua kota sudah memberlakukan SIM online baik pembuatan atau perpanjangan, bisa KTP dalam dan luar kota. Dijamin mulus murah cepat dan enggak ribet.

Kali ini saya mau berbagi tips seputar perpanjangan SIM di kota Surabaya, ayok yang di kota Surabaya bisa cek artikel siapa tau bisa membantu. Ceritanya SIM saya luar kota (alamat Jawa Tengah) daripada harus balik pulang kampung yang biaya nya buanyak seabrek sedulur. Akhirnya saya memutuskan mencari info secara online dan offline. Saya muter keliling Surabaya sedulur, layanan SIM Keliling Bratang, Samsat Colombo, SIM Keliling di Royal Plaza semua saya datangin. Akhirnya setelah muter-muter saya diarahkan ke layanan SIM keliling Taman Bungkul karena KTP saya luar kota (Khusus KTP luar kota). Yuks ikuti langkahnya.

1. Siapkan Fotokopi KTP dan SIM (@2 Lembar)
Jika kita punya 2 SIM (A dan C) sedulur kudu fotokopi masing masing 2 untuk stok jika dibutuhkan. Jangan lupa KTP juga di fotokopi yaa.

2. Siapkan Surat Sehat
Ini surat juga sama, masing masing SIM kudu satu surat sedulur. Saya sarankan ke Puskesmas saja nyarinya biar enggak mahal (15rb) karena buru-buru akhirnya saya di klinik deket bungkul dan kena per surat keterangan sehat 40 rb. Jika 2 SIM ( A dan C) jadinya 80rb emaneee.

3. Datang Lebih Awal
Dikarenakan layanan yang banyak dan pasti antri, sedulur semua harus datang mlebih awal. Biar aman langsung aja jam 07.00 WIB udah sampe Taman Bungkul. Jika kita registrasi setelah jam 10 an maka sudah tidak dilayani karena memang sudah banyak yang datang. Jika kita registrasi jam 10 biasanya akan dilayani untuk proses foto dan pengambilan SIM nya habis dzuhur (untuk yang registrasi jam sepuluh mending setelah isi formulir ditinggal makan dan sholat).

4. Siapkan Uang
Nah ini harus bawa. Biaya pendaftaran sekitar 30 rb/ SIM. Untuk perpanjangan SIM C (70rb) dan SIM A (85rb)

5. Daftar Segera
Setelah sampe di lokasi, langsung melakukan pendaftaran ke 2 orang petugas yang duduk di depan mobil dengan 1 meja. Nanti akan dimintai SIM ASLI, sama KTP Asli kemudian sedulur diminta untuk membayar administrasi sesuai jumlah SIM yang diperpanjang.

6. Isi Formulir
Usahakan bawa alat tulis (pulpen) untuk mengisi data diri sedulur. Akan ada 2 lembar formulir untuk setiap SIM yang diperpanjang. Kumpulkan Formulir tersebut ke 2 orang petugas (petugas yang sama saat melakukan pendaftaran)

7. Sabar Menunggu Panggilan Foto
Yeee.. ini sudah tahap paling akhir, setia sabar menunggu di dekat mobil SIM keliling untuk dipanggil pengambilan foto dan SIM. Pas ini usahakan komunikasi dengan orang lain biar tidak boring dan kita bisa mendapatkan teman baru. Jangan hanya diam atau berduaan sama temen apalagi pacaran hahaha

8. 2 JAM selesai
Perkiraan jika semua data di atas sudah lengkap. Sedulur datang jam 07.00 maka jam 10 bisa pulang dengan membawa SIM baru yang telah diperpanjang.

Begitulah sedulur alur SIM di kota surabaya. Bagi KTP yang alamat luar kota mau perpanjang SIM bisa langsung ke SIM Keliling Bungkul ya. Jangan lainnya, soalnya khusus KTP luar kota hanya dilayani di taman Bungkul Surabaya di Jl. Darmo.

Semoga kita selalu menjaga keselamatan berkendara sedulur. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat. Dan semoga sudah enggak ada ketilang tanpa SIM ya hehehe. Maaf jika ada kekurangannya

Terima Kasih kepolisian Indonesia sudah membuat sistem yang begitu mudah untuk kami semua. Bersatu keselamatan nomor satu

Satu Vespa Seribu Saudara

VS | 87

16 thoughts on “PERPANJANG SIM LUAR KOTA DI SURABAYA

Leave a comment